corporate social responsibility pada indosat
BAB I
Pendahuluan
Tantangan dan perubahan lingkungan
menciptakan peluang baru dan memaksa bagi setiap perusahaan untuk melaksanakan
apa yang disebut dengan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social
Responsibility). Nampaknya perusahaan tidak bisa lagi hanya menerapkan prinsip
“the business of bussines is bussines” tetapi, perusahaan hendaknya
bertanggungjawab terhadap masalah-masalah sosial disekitarnya termasuk soal
pengangguran, kemiskinan, perempuan termarginalkan, gelandangan, pengemis, anak
jalanan, gizi buruk, kelaparan, pendidikan untuk semua, kerusakan lingkungan,
bencana alam dll.
Sejalan
dengan prinsip, pengaturan dan implementasi, maka CSR hendaknya dapat dijadikan
sebagai ajang strategi bisnis bagi perusahaan melalui program dan kegiatan CSR
untuk menggaet simpati masyarakat sekitar demi keberlangsungan usaha. Sudah
semestinya CSR dilaksanakan atas dasar kesukarelaan (voluntary), bukan
didasarkan atas kewajiban yang bersifat mandatary dalam makna liability.
Bab II
Pembahasan
2.1
Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan atau Corporate Social Responsibility
adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan
melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan,
norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lainnya.
2.2
Strategi Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
- Strategi Reaktif
Kegiatan
bisnis yang melakukan strategi reaktif dalam
tanggung jawab sosial
cenderung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial
- Strategi Defensif
Strategi
defensif dalam tanggung jawab sosial yang
dilakukan oleh perusahaan terkait dengan penggunaan pendekatan legal atau jalur
hukum untuk menghindarkan diri atau menolak tanggung jawab sosial .
- Strategi Akomodatif
Strategi
Akomidatif merupakan tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dikarenakan adanya tuntutan dari
masyarakat dan lingkungan sekitar akan hal tersebut
- Strategi Proaktif
Perusahaan
memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari tanggung
jawab untuk memuaskan stakeholders.
Jika stakeholders terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan
akan terbangun.
2.3
Manfaat Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
- Manfaat bagi Perusahaan
Citra
Positif Perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah
- Manfaat bagi Masyarakat
Selain
kepentingan masyarakat terakomodasi, hubungan masyarakat dengan perusahaan akan
lebih erat dalam situasi win-win
solution.
- Manfaat bagi Pemerintah
Memiliki
partner dalam menjalankan misi sosial dari pemerintah dalam hal tanggung jawab sosial
2.4
indosat (Contoh perusahaan yang telah
menerapkan CSR)
Program CSR pada tahun 2009, ber-tema-kan
“Satukan Cinta Negeri” Adapun
penerapannya melalui beberapa aktivitas sebagai berikut :
1.
Indonesia Belajar
(1) ISMS(Indosat
Science and Multimedia School)
menyediakan sarana pembelajaran sains
bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.
(2) IWIC (Indosat Wireless Innovation
Contest)
kompetisi dalam bidang teknologi
wireless
(3) Pelatihan Guru IPA & Matematika
(4) Pendirian Sekolah dasar di Aceh
(5) Beasiswa
(6) Pendidikan Panahan Yunior
2. Indonesia Sehat
Mobil Klinik Sehat Keliling,yang
menyediakan :
- Pemeriksaan kesehatan
- Konsultasi Gizi dan kesehatan
- Bantuan obat dan makanan sehat bagi Balita
- Pengasapan (jika dibutuhkan)
- Pos Layanan Terpadu (untuk Ibu dan Anak)
- Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat ini dilengkapi dengan alat USG, tabung oxigen, suction pump, obat-obatan, perlengkapan operasi minor, alat timbang bayi
3. Indonesia Hijau
(1) BTS berenergi Alternatif
(2) Penanaman Sejuta Pohon
(3) Aksi Internal Ramah Lingkungan, yang
dilakukan antara lain adalah :
·
Hemat Kertas Menuju ‘Paperless’
·
Hemat Air
·
Hemat Listrik
·
Pemilahan Sampah Organik dan Non Organik
·
Tidak Merokok di Tempat Kerja
·
Pembuatan Biopori di Lingkungan Kantor
·
Penggunaan Energi Alternatif Bagi BTS
· Green Office
4. Berbagi Bersama Indosat
(1) SMS Donasi Berbagi Bersama
(2) SMS Cinta Dhuafa
(3) SMS Donasi Korban Bencana
(4) Kontribusi langsung pada masyarakat
Roadshow
Ramadhan dan bantuan langsung kepada masyarakat disekitar BTS
5. Indosat Peduli
(1) Bantuan Pasca Bencana
(2) Kampung Siaga
program dalam upaya memberikan pembinaan
pada masyarakat atau komunitas tertentu khususnya daerah yang pernah terkena
bencana.
Bab III
Penutup
Kesimpulan
Program CSR yang berkelanjutan akan
memberikan dampak positif dan manfaat yang lebih besar baik kepada perusahaan
itu sendiri maupun para pemangku kepentingan yang terkait. Ini diharapkan dapat
menciptakan harmonisasi hubungan bisnis dengan masyarakat secara lebih sehat
dan bertanggung jawab untuk meraih kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera
dan mandiri.
Saran
Program CSR yang dikembangkan harus benar-benar
mempertimbangkan pengembangan komunitas yang berkelanjutan (sustainable of
community development) dan menguntungkan semua pihak (true win win situation).
Seperti IWIC yang telah dilakukan oleh Indosat harus tetap dipertahankan bahkan
harus dikembangkan lebih lanjut karena hal ini lah yang menjadi kunci
pengembangan komunitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar