Minangkabau

Rabu, 15 Juni 2011

Tugas pengantar bisnis

corporate social responsibility pada indosat
BAB I
Pendahuluan

Tantangan dan perubahan lingkungan menciptakan peluang baru dan memaksa bagi setiap perusahaan untuk melaksanakan apa yang disebut dengan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). Nampaknya perusahaan tidak bisa lagi hanya menerapkan prinsip “the business of bussines is bussines” tetapi, perusahaan hendaknya bertanggungjawab terhadap masalah-masalah sosial disekitarnya termasuk soal pengangguran, kemiskinan, perempuan termarginalkan, gelandangan, pengemis, anak jalanan, gizi buruk, kelaparan, pendidikan untuk semua, kerusakan lingkungan, bencana alam dll.
Sejalan dengan prinsip, pengaturan dan implementasi, maka CSR hendaknya dapat dijadikan sebagai ajang strategi bisnis bagi perusahaan melalui program dan kegiatan CSR untuk menggaet simpati masyarakat sekitar demi keberlangsungan usaha. Sudah semestinya CSR dilaksanakan atas dasar kesukarelaan (voluntary), bukan didasarkan atas kewajiban yang bersifat mandatary dalam makna liability.
Bab II
Pembahasan

2.1 Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lainnya.
2.2 Strategi Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
  • Strategi Reaktif
Kegiatan bisnis yang melakukan strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial
  • Strategi Defensif
Strategi defensif dalam tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan penggunaan pendekatan legal atau jalur hukum untuk menghindarkan diri atau menolak tanggung jawab sosial .
  • Strategi Akomodatif
Strategi Akomidatif merupakan tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dikarenakan adanya tuntutan dari masyarakat dan lingkungan sekitar akan hal tersebut
  • Strategi Proaktif
Perusahaan memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari tanggung jawab untuk memuaskan stakeholders. Jika stakeholders terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan akan terbangun.
2.3 Manfaat Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
  • Manfaat bagi Perusahaan
Citra Positif Perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah
  • Manfaat bagi Masyarakat
Selain kepentingan masyarakat terakomodasi, hubungan masyarakat dengan perusahaan akan lebih erat dalam situasi win-win solution.
  • Manfaat bagi Pemerintah
Memiliki partner dalam menjalankan misi sosial dari pemerintah dalam hal tanggung jawab sosial

2.4  indosat (Contoh perusahaan yang telah menerapkan CSR)
Program CSR pada tahun 2009, ber-tema-kan “Satukan Cinta Negeri”  Adapun penerapannya melalui beberapa aktivitas sebagai berikut :
1. Indonesia Belajar
(1) ISMS(Indosat Science and Multimedia School)
menyediakan sarana pembelajaran sains bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.
(2) IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest)
kompetisi dalam bidang teknologi wireless
(3) Pelatihan Guru IPA & Matematika
(4) Pendirian Sekolah dasar di Aceh
(5) Beasiswa
(6) Pendidikan Panahan Yunior

2. Indonesia Sehat

Mobil Klinik Sehat Keliling,yang menyediakan :
  1. Pemeriksaan kesehatan
  2. Konsultasi Gizi dan kesehatan
  3. Bantuan obat dan makanan sehat bagi Balita
  4. Pengasapan (jika dibutuhkan)
  5. Pos Layanan Terpadu (untuk Ibu dan Anak)
  6. Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat ini dilengkapi dengan alat USG, tabung oxigen, suction pump, obat-obatan, perlengkapan operasi minor, alat timbang bayi

3. Indonesia Hijau

(1) BTS berenergi Alternatif
(2) Penanaman Sejuta Pohon
(3) Aksi Internal Ramah Lingkungan, yang dilakukan antara lain adalah :
·  Hemat Kertas Menuju ‘Paperless’
·  Hemat Air
·  Hemat Listrik
·  Pemilahan Sampah Organik dan Non Organik
·  Tidak Merokok di Tempat Kerja
·  Pembuatan Biopori di Lingkungan Kantor
·  Penggunaan Energi Alternatif Bagi BTS
·  Green Office

4. Berbagi Bersama Indosat

(1) SMS Donasi Berbagi Bersama
(2) SMS Cinta Dhuafa
(3) SMS Donasi Korban Bencana
(4) Kontribusi langsung pada masyarakat
Roadshow Ramadhan dan bantuan langsung kepada masyarakat disekitar BTS

5. Indosat Peduli

(1) Bantuan Pasca Bencana
(2) Kampung Siaga
program dalam upaya memberikan pembinaan pada masyarakat atau komunitas tertentu khususnya daerah yang pernah terkena bencana.

Bab III
Penutup

Kesimpulan
Program CSR yang berkelanjutan akan memberikan dampak positif dan manfaat yang lebih besar baik kepada perusahaan itu sendiri maupun para pemangku kepentingan yang terkait. Ini diharapkan dapat menciptakan harmonisasi hubungan bisnis dengan masyarakat secara lebih sehat dan bertanggung jawab untuk meraih kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri.


Saran
Program CSR yang dikembangkan harus benar-benar mempertimbangkan pengembangan komunitas yang berkelanjutan (sustainable of community development) dan menguntungkan semua pihak (true win win situation). Seperti IWIC yang telah dilakukan oleh Indosat harus tetap dipertahankan bahkan harus dikembangkan lebih lanjut karena hal ini lah yang menjadi kunci pengembangan komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar